-->

Hai !!! Selamat membaca..! Semoga menginspirasi...

Menjadi Blogger itu mudah? Baca ini dulu, baru bicara!

Menjadi Blogger itu mudah? Baca ini dulu, baru bicara! Menjadi Blogger itu memang sangat mudah. Sangat..sangat mudah. Apalagi kalau bikinnya di blog gratisan. Asal kreatif dan bisa nulis, pasti bisa punya blog. Karena isi blog selalu tak jauh dari seni tulis menulis. Tak perduli apa yang di tulis, selama tidak melanggar etika, moral dan SARA akan di terima oleh pembaca. Apalagi kalau yang kita tulis adalah artikel yang sarat informasi, pasti para pencari info akan mengunjungi blog kita seperti lebah pekerja yang datang membawakan nastar untuk ratunya. Dan kalau itu sampai terjadi ~biasanya tidak semudah itu~, anda bisa berhenti kerja dan tidak perlu khawatir dengan masalah finansial karena blog anda dapat menjadi mesin uang pasif yang menguntungkan. Itu jika anda sukses. Dan kemungkinan sukses di dunia blogging itu sangat tinggi, tentu saja jika anda tau caranya.

blogger suksesSaya tidak akan mengatakan diri saya sebagai "blogger sukses" karena saya belum menghasilkan apa-apa yang bisa di akui dunia. Karena saya juga belum mempunyai sumbangsih yang signifikant dari kegiatan blogging kecuali hanya sedikit keuntungan finansial yang saya nikmati sendiri. Tapi saya selalu ingin membagi pengalaman saya ini dengan mereka semua yang punya waktu untuk membaca artikel-artikel saya. Hanya pengalaman...yang saya harapkan bisa memberi motivasi,  karena kalau tentang pengetahuan blogging, saya tidak ada apa-apanya di bandingkan para webmaster yang ada di indonesia yang artikel-artikel tentang bloggingnya bertebaran di internet dengan trik-trik yang begitu memukau dan mengiurkan. Dan mereka bisa jadi adalah para Blogger sukses dengan penghasilan diatas US$2000/bulan. Karena itu jika anda ingin sukses seperti mereka, baca saja artikel-artikelnya.

Menjadi blogger memang mudah. Tapi kalau anda ingin mendapatkan keuntungan secara finasial dari blogging, ini yang tidak begitu mudah. Ada banyak pernak-pernik, serba-serbi yang harus dipahami dan di lalui untuk sampai kesitu.  Apa sajakah pernak-pernik itu? Saya akan jelaskan satu persatu nanti ~diartikel-artikel saya selanjutnya tentang blogging, klu ada kesempatan~ Smile.  Pasti ada mencibir, ~belum sukses kok sudah bagi pengalaman!~ Saya tidak melihat sukses dari sudut pandang orang lain, tapi dari kepuasan yang saya peroleh dan saya nikmati.  Karena saya merasa nikmat, sayapun ingin berbagi 'kenikmatan hidup' yang sama dengan sesama. Itupun kalau ada yang mau. Karena saya merasa puas dengan hidup saya dan menikmatinya, maka saya menganggap ~hidup saya sukses~ menurut saya sendiri. Karena saya merasa cita-cita hidup saya sudah tercapai. Jangan tertawa! Jangan menertawaai saya! Kalau saya katakan bahwa cita-citaku sangat sederhana.

Dulu ketika saya kecil, saya hanya punya satu cita-cita yang pasti, yaitu ingin hidup santai tapi berkecukupan, tidak perlu sibuk-sibuk mencari kerja tapi banyak uang dan tidak menjadi beban atau menyusahkan siapapun secara finansial. Cita-cita sederhana dari anak jelata.  Ini ~banyak uang dari dari sudut pandang saya lho~.  'Banyak uang' dalam sudut pandang saya mungkin berbeda dari banyak uang dari sudut pandang anda. Bagi saya penghasilan 10jt per bulan dari blogging sudah lebih dari cukup. Karena saya tinggal di desa ~tepi hutan~ dan tidak punya keinginan untuk memiliki barang mewah. Kalaupun ada barang yang yang saya punyai yang bisa disebut Dan biaya hidup saya sangat minim. Perbulan saya hanya perlu membayar listrik, air dan koneksi internet yang kalau di total tidak akan lebih dari Rp500rb. Biasanya makan-minumpun tidak akan lebih dari Rp 50 rb perhari, itupun kalau saya beli nasi padang 2 kali sehari. Kalau di total, biaya hidup saya tidak akan lebih dari 3 juta/bulan. Dan itu akan berbeda dengan anda semua yang hidup di kota. Saya yakin di kota besar uang 10 jt tidak akan begitu banyak artinya. Anda akan butuh lebih banyakk uang lagi. Dan dengan menjadi blogger, kemungkinan mendapatkan penghasilan diatas 10 juta/perbulan itu sangat mungkin asal tau caranya. Yang di butuhkan hanyalah ketekukan, kesabaran dan kerja keras. ~Bukan kerja keras badan ya.. tapi kerja keras memeras otak~.

Jika anda ingin menjadi blogger yang sukses dengan penghasilan puluhan juta perbulan, yang harus anda lakukan pertama kali adalah banyak-banyak membaca dan berhenti bertanya. Ada banyak artikel yang menjelaskan cara menjadi blogger yang handal. Dan tiap-tiap artikel mempunyai kiat-kiat yang berbeda. Ada blogger yang memfokuskan diri bagaimana mengeksploitasi tulisan ~cara menulis, kata-kata yang digunakan, subjek yang ditulis~ untuk mengundang visitor datang ke blognya. Ada blogger yang lebih fokus pada optimasi blog dengan menggunakan kode-kode HTML yang semi ribet dan cukup ruwet ~bagi saya~ agar blognya bisa nangkring di posisi pertama Google Sarch enggine. Apapun caranya, tujuannya tetap sama, yaitu ingin menjadi blogger sukses dengan penghasilan jutaan rupiah. Karena visitor yang banyak identik dengan penghasilan yang banyak pula, itupun jika blog anda di monetasi. Kalau tidak, mungkin popularitas sudah cukup memuaskan.

Monetasi blog yang paling menjanjikan adalah Google Adsense. Setiap blogger ingin menjadi publisher Google Adsense. Tapi tidak semua yang cukup beruntung di terima menjadi partner sepihak olehnya. Jangan tanya bagaimana caranya agar di terima menjadi publisher Google Adsense. Karena menurut saya, selain usaha ada faktor keberuntungan yang menaunginya. Saya pernah sekali membuat akun GA, itupun di tahun 2007 ~masih aktif sampai sekarang~. Setelah yang sekali itu, saya mencoba membuat lagi, tapi jawabannya selalu saja blog anda belum layak. Meskipun notabene pageview blog saya perhari diatas 10rb. Jika hal yang seperti itu terjadi pada anda, jangan putus asa, gunakan saja kliksaya.com. Memang perbandingannya cukup banyak, dengan visitor diatas 300rb/hari dengan google adsense anda mungkin bisa mendapatkan lebih dari 10 jt/bulan, tapi dengan kliksaya mungkin hanya separuhnya. Tapi semua bisa di atur dan di tata sesuai dengan keinginan dan kemampuan anda.

Jujur saja, untuk bissa menjadi seperti sekarang, saya harus belajar secara otodidak. Setiap pulang kerja, selalu menyempatkan diri untuk membaca. Saya berusaha keras agar bisa mendapatkan penghasilan dari blog yang saya buat. Dan baru 2 tahun kemudian, usaha keras saya berhasil. Awalnya hanya 2 jt/bulan. Setelah mendapat penghasilan 5 juta perbulan, saya resign dan pulang kampung. Dan menjalani hidup seperti yang saya dambakan selama ini.

Menjadi blogger itu seperti memiliki deposito di bank dengan kurs bunga yang tinggi, sehingga walaupun tiap hari ongkang-ongkang kaki uang bulanan akan masuk kerekening bank sendiri. Tanpa anda perlu susah payah mengisi. Smile Jadi setelah membaca artikel ini, percayakah anda kalau ada yang bilang, ~Menjadi Blogger itu Mudah?~ Mungkin anda perlu bertanya, "Blogger yang seperti apa?" Atau anda ingin menjadi Blogger seperti saya? Tunggu saja artikel berikutnya.

NB: untuk menyamakan pendapat tentang arti kata SUKSES silahkan baca tulisan bung Andrie Wongso dalam artikelnya : Sukses adalah apa yang kita rasakan

Popular Posts